Wahai Muslimah, Ingin Sehat Saat Musim Kemarau ? Konsumsi Makanan Ini


Subhanallah, panasnya hari ini (kipas... mana kipas). Terik matahari yang membakar kulit kita tentu pertanda bahwa kita itu manusia lemah. Panas 35 derajat celcius aja sudah bikin kita malas keluar rumah atau keluar dari ruangan ber-ac. Bagi yang harus keluar rumah, pasti pengen cepet-cepet sampai di tempat tujuan atau pulang ke rumah, lalu buka kulkas lebar-lebar...(haha, maklum di rumah belum ada ac) terus makan es krim, es teh, atau segelas air mineral dingin. Panas langsung hilang perlahan, keringat yang bercucuran berhenti, hmmm pokoknya jadi berjuta rasanya.

Buat kamu-kamu para pejuang yang tak kenal musim, bersentuhan dengan terik matahari terlalu lama memang tidak baik. Selain kulit yang terbakar, membuat tubuhmu dehidrasi, juga membuat daya tahan tubuh jadi berkurang. Kalau sudah daya tahan tubuh berkurang, kamu bakal gampang banget sakit, minimal panas dalam. Biasanya tanda-tanda kita mengalami dehidrasi adalah kita merasa kehausan, warna urine kuning pekat, mulut terasa kering, sakit kepala, pusing, dan kulit menjadi kering. Bahkan dalam kasus dehidrasi berat akan menyebabkan detak jantung terasa lebih cepat, dan bisa sampai tak sadarkan diri.

Yang namanya ‘pejuang’ jangan sampai ‘gugur’di awal, padahal baru sepuluh langkah dari rumah :D Makanya, perlu banget nih kita prepare menghadapi musim kemarau supaya kita kuat menghadapi segala tantangan. Jadi inget hadist tentang orang yang kuat :

Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah... (Al Hadist)

Apa aja ya yang bisa kita lakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar selama musim kemarau? Yang jelas, hal yang perlu sangat diperhatikan adalah asupan cairan. Pertama dengan cukup minum air putih secara berkala. Kedua, pastinya dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus rajin dikonsumsi selama musim kemarau agar tubuh tetap sehat dan bugar meski teriknya matahari menerpa.
  1. Semangka Semangka dapat membantu kita menghadapi teriknya musim panas. Buah yang mengandung 92 persen air ini akan mencegah tubuh dari kekurangan cairan selama cuaca panas. Manfaat lainnya dapat membantu tubuh tetap sejuk dan melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.
  2. Buah dengan kandungan Vitamin C yang tinggi Vitamin C sudah terbukti sebagai antioksidan yang baik untuk menangkap radikal bebas di dalam tubuh kita. Kebutuhan vitamin C dalam tubuh harus diperhatikan apalagi sedang musim kemarau. Jeruk, jambu biji, lemon, kiwi, terbukti memiliki kadar air dan vitamin C yang tinggi.
  3. Mangga Buah tropis dengan rasa manis asam ini sangat cocok untuk dibuat jus atau pun dikonsumsi langsung. Mangga adalah sumber kalium yang dapat membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Jadi mangga salah satu buah yang harus kamu sertakan dalam diet selama musim kemarau, ya!
  4. Lemak higienis Makan gorengan saat musim kemarau? Hm, kayaknya kebiasaan itu perlu diminimalisir. Selain membuat tubuhmu semakin ‘panas’, juga bisa menyebabkan panas dalam. Eits, tapi bukan berarti kita mengabaikan kebutuhan lemak ya. Pilihlah lemak (temasuk minyak) yang membuat tubuh kita terjaga dari panas yang ditimbulkan seperti alpukat dan minyak zaitun.
  5. Sayuran berdaun hijau Saat musim panas sebaiknya konsumsi banyak sayuran hijau yang kaya nutrisi seperti bayam, brokoli, selada, kecambah, dsb. Hal ini berguna untuk menghalau radikal bebas.

Nah, itu ya beberapa jenis makanan yang in syaa Allah bisa bikin tubuh kita tetap bugar dan sehat selama musim kemarau. Selain jenis makanan, ada satu hal lagi nih yang perlu diperhatikan yaitu pada saat tubuh kita panas sebaiknya tidak langsung minum es karena beberapa dokter justru menyarankan bahwa air minum dengan suhu kamar lebih baik daripada minum air es. Hal ini disebabkan tubuh harus mengeluarkan energi untuk memanaskan air dingin yang kita minum dengan suhu tubuh sehingga menghilangkan cairan, ini biasanya akan berefek menambah rasa haus.
Oke deh, sekian info dari Komunitas Muslimah Kreatif. Semoga bermanfaat ya...[MM]

Penulis : Aqiilah Zahra , S.Gz (Admin Komunitas Muslimah Kreatif) [Komunitas Muslimah Kreatif]

1 Komentar untuk "Wahai Muslimah, Ingin Sehat Saat Musim Kemarau ? Konsumsi Makanan Ini "

  1. Partisipasi dan amal jariyah dalam perluasan dan pembangunan masjidil
    haram dan masjid Nabawi

    1. Niat Ibadah ( dari Allah,Karena Allah dan untuk Allah)
    2. Membawa beberapa batu kerikil kecil yang Haq dari tanah air
    3. Point no 2 dapat dibawa sendiri/ dititipkan kepada Jamaah yang akan
    berangkat Umroh dan Haji
    4. Batu kerikil diletakkan diarea yg sedang dibangun/di Cor semen
    5. Atau dititipkan kepada pekerja pembangunan agar diletakkan ditempat
    tersebut
    6. Mudah-mudahan Allah Ridho dengan apa yang kita kerjakan

    * Umumnya waqaf qur'an
    * Tidak ada kotak amal di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
    * Mungkin Batu kerikil tidak berarti untuk sebagian orang,akan tetapi
    jika diletakkan di kedua Masjid tersebut,paling tidak batu kerikil ini
    akan menjadi bagian terkecil dari bangunan tersebut.
    * Moment Perluasan dan Pembangunan Masjidil haram dan Masjid Nabawi

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel