Wahai Muslimah, Coba Dicek Apakah Kita Punya 'Masalah Mental' ?


Dear sahabat muslimah kreatif… Kita in syaa Allah sepakat yah, kalau aku, kamu, dan kita semua pasti punya masalah. Seringkali, masalah yang berdatangan nggak jelas, apa penyebabnya? Dan bagaimana solusinya?

Sebelum lebih dalam, kita musti paham dulu nih. Sesuatu yang menimpa kita adakalanya bersifat fisik, adakalanya nonfisik. Kalau fisik, secara kasat mata juga bisa terlihat. Seseorang yang sedang demam, tanpa dikatakan ia sedang demam pun orang-orang akan tahu bahwa ia mengalami sakit/masalah fisik. Penampakan wajahnya tampak, lesu dan pucat. Badannya tampak lemas.

Begitulah kita menilai sakit yang bersifat fisik. Bagaimana dengan yang nonfisik? Di dalam kamu psikologi, bahasa nonfisik di sini maksudnya adalah mental.

Apa itu mental? Mental adalah cara seseorang berpikir… cara orang merasa… cara orang bersikap… Oleh karena itu, ini penting. Tak dapat kita abaikan.

Bisa jadi di antara sahabat ada yang sedang sakit. Sakitnya secara fisik tampak. Namun bisa saja ternyata ia cenderung sakit pada mentalnya. Karena mental yang sedang bermasalah akan melemahkan tubuh dan membuat penyakit mudah datang.

So, paling tidak kita musti tahu dulu, di balik sakit yang dirasakan selama ini, kecenderungannya lebih ke fisik atau mental juga. Dengan mengetahui itu, kita jadi lebih tepat mendatangkan solusinya.
Jangan sampai ketika sakit, kita sudah ke sana ke mari, ke dokter satu dan dua dan seterusnya, eh ternyata kita justru sakitnya di mental. [MM]

Penulis : Ummu Aamirah (Islamic Counselor) [Komunitas Muslimah Kreatif]

Belum ada Komentar untuk "Wahai Muslimah, Coba Dicek Apakah Kita Punya 'Masalah Mental' ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel