Wahai Muslimah, Begini Cara Menghadapi Orang Egois


Pertanyaan :

Bagaimana menghadapi orang yangegois? 
(Agiatni Noof Farida, Mahasiswi UNIKOM Bandung) 

Jawaban :

Adik Agiatni yang shalihah…

Hidup ini diwarnai oleh bermacam-macam manusia. Mereka saling berbeda karakter, latar belakangkeluarga, kondisi finansial, dan pengalaman hidup. Adakalanya kita bisa cocokdengan orang tertentu. Namun bisa juga merasa asing dan tidak cocok padasebagian yang lain.

Semakin kita banyak berinteraksidengan orang lain, In Syaa Allah kita akan semakin kaya pengetahuan tentanghubungan interpersonal. Nah, jika kita bertemu dengan orang yang menurut kitahanya mementingkan dirinya sendiri tanpa peduli orang lain alias egois, adatips yang bisa Adik lakukan.

1. Intropeksi diri

Sebelum kitamenilai orang lain, sebaiknya kita menghitung-hitung dulu amal kita. Apakah kitabahkan melakukan pula yang tidak kita senangi dari orang lain. Bisa jadi kitanggak nyaman sama orang yang egois, ternyata kita juga egois. Jangan sampai ya… :)

Khalifah Umar binKhattab pernah berpesan, “hisablah dirimu sebelum kamu dihisab”

Terkadang, sikaporang lain yang kita nilai sebagai egois belum tentu sepenuhnya karena diamemang memiliki sifat egois. Bisa saja kan pada waktu itu kita sedang sensitivesehingga serta merta langsung menilai orang lain egois.

So nggak adasalahnya untuk melihat diri kita terlebih dahulu. Apakah ada yang salah denganucapan, tingkah laku, atau pun sikap kita kepada orang lain.

2. Berbaik sangka dan positive thinking

Untuk bisa selaluberfikir positif tentang sesuatu dan orang lain, mungkin sulit. Tetapi ini bisajika kita biasakan. Mulailah dari kebiasaan kita sehari-hari. Caranya, setiapkali ada sesuatu di luar diri kita, jangan langsung menanggapi. Tenang dulu. Rileksdulu. Tarik nafas dalam-dalam. Lihat dan perhatikan seksama, baru mulaimerespon ketika kita tenang dan pikiran jernih.

3. Sabar

Kalau memang diabersikap egois, mengikuti egonya saja, kita musti sabar. Menghadapi orangegois, jika kita pun ikutan egois, bisa nggak nyambung. Nggak akan menyatu. Jadiharus ada yang mengalah. Mengalah untuk menang itu baik kan? ;)

4. Nasehati ia dengan baik

Teman, sahabat,partner, rekan kerja, atau saudara yang baik adalah yang pandai memberi kritikdan saran yang membangun. Membangun ya, bukan menghancurkan. Kadang kitasangking semangatnya memberi nasehat, kita jadi nggak peduli perasaan orang lain.Ujung-ujungnya niat kita yang baik malah jadi merusak dan menyakitinya. Hati-hatikita dalam memilih kata-kata yang tepat. Untuk apa? Agar dia tahu kita pedulipadanya. Kita menasehati bukan karena kita benci, tapi karena kita ingin dialebih baik.

Semoga bermanfaat ya Dik Agiatni dansahabat muslimah kreatif.. Selamat dipraktekkan! :)

Penulis : Ummu Aamirah (Islamic Counselor) [Komunitas Muslimah Kreatif]

Belum ada Komentar untuk "Wahai Muslimah, Begini Cara Menghadapi Orang Egois"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel