Tips Nulis Buat Pemula


Seringkali orang yang baru mulai belajar menulis, suka mentok duluan di awal. Betul apa betul? :)
Tenang sahabat muslimah kreatif… Kita akan belajar nih tips agar bisa nulis bagi yang baru mulai ingin menulis..

Apa aja tipsnya? Ini dia!
  1. Kalahkan Mood Mood itu wajar kok. Terima aja. Jangan marah-marah kalo sahabat termasuk orang yang moody, terutama dalam hal nulis. Memang ada kok yang tipikal orangnya feeling banget, jadi segala sesuatunya pakai mood dulu. Sekali lagi, mood itu wajar. Tetapi bukan berarti kita harus dikalahkan oleh mood. Sebaliknya, justru kita yang harus menang! Banyak orang yang salah kaprah. Ketika menulis kemudian tiba-tiba nggak mood, maka tulisannya ditinggal dulu sampai mood datang lagi. Ini sebenernya langkah yang salah ya, Dear…Yang benar gimana dong? Nah, alih-alih ngikutin mood, hadapilah mood kita. Caranya? Hadirkan reason. Meaning. Untuk apa sih kita menuliskan topik ini, apa meaningnya. Dengan memperbesar meaning, kita akan lebih fokus untuk menyelesaikan tulisan. Coba deh. :) Jadi dalam segala suasana baik seneng atau pun sedih, sibuk atau pun luang, kita tetap bisa selalu nulis apa yang kita mau. Jangan tergantung pada mood ya, karena nanti dimakan usia, hehee. 
  2. Jadikan Nulis Sebagai Passion Jangan jadikan menulis itu untuk mencari sebuah kepentingan. Misal, popularity. Karena, tulisanmu akan basi nanti. Sure, bisa aja jadi populer beneran, tapi... itu nggak ada nilainya di mata Allah. Atau buat money. Banyak lho yang begini. Jangan yah. Karena duit bisa dicari dengan cara lain, Dear. Jadikanlah menulis sebagai ajang kita berbagi. Kita ini spesial. Banyak yang kita pikirkan belum tentu orang lain pikirkan. So, bagilah itu dengan yang lain. Jangan pikirkan seberapa bagus tulisan kita. Tulis aja sebanyak-banyaknya, mengalir seperti air... Kalo kita sudah menjadikan nulis sebagai habits, kita akan ketemu gaya kita. Ciri khas kita. 
  3. Bikin Deadline Semua target untuk menyelesaikan tulisan kita akan aman kalo ada deadline. So, jangan ragu yah untuk mem-push diri kita nulis dengan adanya deadline. Ini bisa bikin kita terpaksa menulis, karena sudah limited waktunya.
  4. Seringlah Membaca Membaca dalam menulis itu ibarat nyawa. Kalau kita menulis tanpa membaca sebelumnya, maka tulisan kita nggak hidup. Membaca itu untuk memperkaya referensi bagi tulisan kita, ini juga bisa menaikkan bobot tulisan kita. So, rajin baca yah, Dear… Bacalah buku, baik yang kita suka atau nggak suka sekalipun. 
  5. Tentukan Topik dan Sasaran Tulisan Ini hal teknis ya. Kalau kita sudah punya 4 hal di atas, sekaranglah saatnya menulis! Yap, sekarang! Pikirkan topik apa sih yang mau kita tulis, carilah referensi terkait sekitar minimal 3-5 referensi. Setelah itu, pikirkan tulisan ini untuk siapa, akan dibaca oleh siapa. Dengan menentukan target pembaca, tulisan kita akan lebih jelas n terang benderang arahnya ke mana.

Oke deeh… Selamat menulis! Selamat Berkarya! 

Penulis : Crafty Rini Putri (Penulis Buku dan Jurnalis) [Komunitas Muslimah Kreatif]

Belum ada Komentar untuk "Tips Nulis Buat Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel