Nutrisi Rambut bagi Muslimah Berhijab


Selamat saya ucapkan kepada kamu yang udah berhijab, dan semoga selamat dari rambut rontok ya...hehehe. Dear, aku bukan nakut-nakutin ya tapi memang kebanyakan masalah bagi muslimah berhijab adalah rambut rontok. But, jangan gara-gara itu ya akhirnya kita tidak berhijab atau malah melepas hijab kita. Naudzubillah. Berhijab kan sudah perintah Allah dear, dari zaman Rasululah SAW sampai akhir kiamat nanti perintah menutup aurat tidak pernah berubah. Lagian ga pernah kan kita menemukan kisah para Shahabiyah melepas hijab mereka gara-gara rambut rontok?

Allah SWT menciptakan berbagai jenis makanan untuk manusia pasti memiliki khasiatnya masing-masing, dan khasiat ini in syaa Allah memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh manusia. Mau tahu makanan apa aja yang bikin rambut kamu ga gampang rontok dan tetap kinclong? Nih dia...
  1. Ikan salmon Ikan salmon kaya protein dan vitamin D yang berfungsi menguatkan rambut. Kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan salmon juga dapat membantu kita dalam merawat rambut. Pada dasarnya tubuh kita tidak dapat membuat asam lemak yang dibutuhkan untuk merawat rambut. Kebutuhan akan Omega-3 juga ditemukan dalam membran sel di kulit kepala dan merupakan minyak alami yang menjaga kulit kepala agar rambut terhidrasi. Selain ikan salmon kita dapat menemukan manfaat asam lemak Omega-3 dari jenis ikan seperti ikan sarden dan makarel, serta alpukat, biji labu, dan kenari .
  2. Kenari Kenari adalah satu-satunya jenis kacang-kacangan yang memiliki sejumlah besar omega-3 asam lemak. Selain kandungan omega 3 di dalam kenari terdapat pula biotin dan vitamin E yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan DNA. Terlalu sedikit kandungan biotin dapat menyebabkan rambut rontok. Kenari juga memiliki kandungan tembaga dan mineral yang membantu menjaga warna rambut alami kita berkilau.
  3. Tiram Tiram kaya akan kandungan seng, kekurangan kebutuhan sel menyebabkan rambut rontok bahkan hingga pada bulu mata kita, serta beberapa gangguan kulit seperti kulit kering dan terkelupas. Kita juga dapat memiliki manfaat seng dari sereal dan roti gandum. Meskipun demikian kandungan proteinnya masih tinggi tiram, selain dapat memenuhi kebutuhan seng, tiram juga menyediakan kandungan protein tinggi. Mengingat rambut adalah sekitar 97% tersusun dari protein. Tanpa protein yang cukup, tubuh kita tidak dapat menggantikan rambut yang alami sehingga mengakibatkan kering, rapuh, atau lemah.
  4. Ubi Jalar Ubi jalar merupakan sumber beta karoten dan antioksidan yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Pada dasarnya, setiap sel tubuh tidak dapat berfungsi tanpa kecukupan A.Vitamin A dapat membantu kita dalam merawat kesehatan kulit kepala dan juga menghilangkan gatal dan ketombe.
  5. Telur Telur memiliki empat mineral yang sangat penting seperti belerang, seng, selenium, dan besi. Kandungan besi di dalam telur akan membantu dalam menghantarkan oksigen ke folikel rambut kita. Apabila kandungan zat besi sedikit di dalam tubuh maka berakibat rambut rontok. Kita dapat mengkonsumsi makanan dengan tingkat zat besi tinggi seperti ayam, daging sapi dan ikan.
  6. Bayam Kandungan yang terdapat di dalam bayam seperti zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C dapat membantu folikel rambut dan kulit kepala tetap sehat. Selain bayam, kandungan dari sayuran hijau seperti brokoli dan lobak juga dapat membantu kebutuhan nutrisi rambut kita.
  7. Kacang kedelai Kacang kedelai merupakan makanan dengan kandungan protein, biotin, zat besi dan seng yang dapat menjadi nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Selain kacang kedelai kita dapat mengkonsumsi kacang merah yang memiliki kandungan serupa. 
Penulis : Aqiilah Zahra (Alumnus Ilmu Gizi) [Komunitas Muslimah Kreatif]

Belum ada Komentar untuk "Nutrisi Rambut bagi Muslimah Berhijab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel